Minggu, 20 Januari 2013

Suksesnya (Bos) itu harus bisa menginspirasi.


Suksesnya (Bos)  itu harus bisa menginspirasi.
Masa muda merupakan masa yang paling indah karena memiliki berjuta rasa dalam jiwa,  serta memiliki semangat kuat dalam raga. Masa muda yang begitu memiliki kelebihan dalam segala hal harus diikuti sebuah langkah positif dalam memanfaatkan peluang-peluang emas dalam kehidupan ini. seperti peluang dalam menggerakkan sebuah perekonomian negeri ini lebih khusus lagi untuk berwirausaha dan memberikan manfaat kepada sesama yaitu dengan memperdayakan potensi-potensi yang ada pada masyarakat sekaligus bisa mensejahtrakan masyarakat.
Banyak sektor usaha yang masih harus dikembangkan untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat. Lapangan usaha yang harus dikembangkan ialah memiliki pasaran yang sangat kuat dan dibutuhkan selalu oleh masyarakat adalah bidang usaha kuliner atau yang biasa dikenal bidaang makanan, apalagi ditambah kultur masyarakat Indonesia pada umumnya adalah masyarakat yang sangat kental dengan nuansa kultur khasnya senang makan atau bahasa kerennya icip-icip. Ini merupakan peluang usaha yang sangat potensial bagi wirausahawan muda.
Bisnis icip-icip ini harus memiliki inovasi-inovasi yang handal, dan yang pasti tidak lepas dari tangan dingin seorang anak muda yang memiliki kreatifitas serta berani terhadap rasa sebuah makanan yang pastinya harus lebih enak dari pada warung lain dan serta yang pasti harga harus miring (harga mahasiswa) biar merakyat dikantong, yang menjadi sebuah titik penting adalah rasa ”karena soal rasa gak pernah bohong”.
Saya sebagai owner bisnis icip-icip memiliki konsep warung ini adalah warung penyetan dan nasi rames. Karena dua farian makanan tersebut sudah menjadi bagian tak terpisahkan dan menjadi bagian tersendiri bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Kalau sudah dihati masyarakat gampang dalam mempromosikannya, ditambah lagi berani dalam rasa yang unik serta memikat. Dalam hal pengelolan warung ini harus tampil higenis serta agar pembeli menjadi yakin serta semakin terpesona, serta berani tampil unik dari pada warung penyetan lain seperti, tampilan warung lebih klasik dari pada warung pada umumnya.
Ketika bisnis kuliner ini sudah berjalan dengan baik maka banyak pihak yang diuntungkan seperti para pedagang dipasar yang menjual berbagai kebutuhan dapur, serta yang diuntungkan adalah partner berkerja pada bidang kuliner ini seperti para pegawai dan masih banyak lagi.
Kita sebagai owner bisnis ini  juga seharusnya memberikan edukasi mengenai bisnis yang baik dan tepat serta efisien, karena dengan itu kita mendukung program pemerintah dalam menciptakan jutaan wirausahan yang juga membuka lapangan pekerjaan. Dari hal tersebut berarti kita juga turut dalam pengembanagan Ekonomi Mikro, dalam suatu Penelitian  menemukan bahwa Negara yang memiliki kesejahtraan yang baik adalah Negara yang memilki sekurang-kurangnya 2% (dua persen) yang menjadi wirausahaan. Namun di Indonesia belum mencapai angka tersebut kita masih dibawahnya. Dari hal tersebut itu mendorong kita sebagi pemuda yang menjadi enterprenur harus mendorong orang lain juga sukses.
Dari paparan diatas semakin banyak pengusaha maka semakin meningkatkan kesejahtaran masyarakat di negeri ini, semakin banyak potensi yang terperdaya sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya. Itulah cerminan sebuah Negara menuju Negara maju yang memiliki kesejahtraan yang pas bagi penduduknya.
Dari edukasi itu yang dipentingkan juga adalah aspek ibadahnya karena sebuah usaha  jika tidak dibarengi dengan ibadah yang istiqomah seperti shalat Dhuha dan sebagainya, maka bisa dipastikan usaha itu belum mendapakan berkah dari Allah SWT, serta perlunya jujur karena jujur merupakan segala-galanya dalam hidup ini  apalagi dalam bisnis karena “Berani Jujur Itu Hebat” seperti slogan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Setelah itu jangan lupa berbagi kepada sesama dengan cara bersedekah, karena sedekah memperlancar segala urusan serta membuka pintu rezeki bagi mereka yang memlakukan dengan iman yang teguh serta rasa yakin yang luar biasa hal , hal tersebut banyak diulas oleh Ustad Yusuf Mansur dalam setiap pengajian-pengajian yang disampaikan oleh beliau, hal tersebut juga di benarkan oleh motivator bisnis yang sangat handal yaitu Ippho “Right” Santosa, dalam setiap penyampaian motivasi  juga menekankan pentingnya bebagi kepada sesama yaitu dalam bentuk sedekah utuk memperlancar usaha yang kita lakukan.
Dalam hal tersebut kita sebagai pemilik usaha juga turut serta mengedepankan kepedulian kepada pegawai-pegawai yang dalam keadaan membutuhkan uluran tangan kita  atau dalam keadaan  kesusahan. Maka kewajiban kita sebagai atasan untuk membantu , karena pegawai dalam dunia adalah tonggak penting untuk membangun usaha lebih baik. Terjalinnya kedekatan antara atasan dan para pegawainya akan memperlancar usaha yang kita lakukan.
Inspirasi-inspirasi dalam berbisnis yang positif  itu perlu ditanamkan dan ditularkan kepada pegawai kita, relasi, dan juga buat anak-anak yang masih sekolah atau bahkan kepada mahasiswa karena dengan itu langkah kita sebagai bos yang menginspirasi kepada sesama serta turut andil dalam pengembangan ekonomi mikro pada negeri ini. Semua merupakan langkah positif dalam mempengaruhi orang lain utuk semangat berbisnis dan juga menjadi bos seperti kita, karena manusia yang baik adalah bos yang memberi manfaat kepada sesama manusia (kutiapan Hadist).
Oke bos yang keren itu yang bisnisnya luar biasa dalam penghasilannya dan banyak memperkerjakan orang banyak. Bos unik itu  yang bisa menjadi inspirasi bagi orang banyak dan juga  yang pasti dapat membantu orang yang membutuhkan pertolangannya. Menjadi bos itu jangan pelit coy yang pasti  perbanyak sedekah serta jujur dalam bisnis, teruslah berbisnis serta menginspirasi banyak orang. Masih mau jadi orang gajian ?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar