Minggu, 11 November 2012

AKU PEMUDA DAN HARAPAN NEGERIKU


AKU PEMUDA DAN HARAPAN NEGERIKU
Oleh : Ananta Refka Nanda

Ketika pertama kali mendengar kata pemuda yang terlintas pada benak kita adalah sosok muda yang memiliki semangat yang kuat, dan berjiwa muda serta memiliki semangat perubahan atau biasa disebut dengan agent of change. Dari sini kita belajar bahwa pemuda merupakan harapan besar untuk membawa negeri ini kearah yang lebih baik.
Namun pada kenyataannya pemuda yang diharapkan kontribusinya pada bangsa ini hanya dapat berfoya-foya dan bersifat hendonis. Banyak hal yang tidak sesuai dengan apa yang menjadi tangung jawab seorang pemuda. Banyak harapan yang terpikul pada pundak  pemuda masa kini, banyak tanggung jawab moral yang kau harus rubah untuk membuat negeri dan bangsa ini dapat bersaing dengan bangsa lain.
Pemuda yang tangguh adalah pemuda yang memiliki idialisme serta visi dan misi yang nyata untuk merubah bangsa ini. Kearah yang sesuai dengan harapan pendahulu, mulai dari diri kita sendiri untuk merubah pola pikir (mind set)  kita mengenai manfaat apa yang kita dapat berikan bagi negeri ini. Apakah ilmu yang telah kita pelajari bangku sekolah hinnga bangku perkuliahaan telah banyak memberi manfaat untuk mengabdi masyarakat yang belum memeliki kesempatan untuk mengeyam pedidikan yang layak dan sesuai denga kurikulum yang berlaku.
Maka dari situ muncul sebuah pertanyaan mengenai peran pemuda masa kini dalam pembangunan negeri ini. Apakah pemuda sekarang adalah kumpulan anak-anak yang pintar menuntut apa bila tidak diberikan jatah ? ataukah pemuda sekarang adalah sekelompok lelaki tangguh yang tangguh dan berani yang saking kelebihan dosisnya menyebabkan sering turun ke jalan hanya untuk TAWURAN. Atau mungkin yang nama  pemuda adalah  orang yang sering berorasi dipinggir jalan sambil membawa spanduk sambil berteriak-teriak. Apakah itu semua deskripsi dari sebuah kata Pemuda ? mungkin ada yang menjawab bukan tapi ada juga yang berkata iya.
Pemuda oh pemuda antara sebuah harapan dan kenyataan yang masih belum ketemu ujung pangkalnya. Mari bersama-sama kita bentuk barisan untuk menjadi pemuda yang menjadi harapan bangsa, dengan memberikan kontribusi nyata kita sebagai kaum muda. Dengan sebuah karya-karya kita yang hebat mari kita buat negeri ini kembali tersenyum. Dan sesuai semangat pemuda yang identic menggebu-gebu mari kita terus berkarya yang positif.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar